Pekerjaan dan Profesi Tanpa Gelar Sarjana

13:02

         Pekerjaan dan Profesi Tanpa Gelar Sarjana


Untuk sobat infloker inilah postingan jenis pekerjaan tanpa gelar atau propesi bisa di baca langsung aja ya.

Ada banyak jenis pekerjaan atau profesi yang dapat dilakoni meskipun tanpa gelar dari Universitas atau Perguruan Tinggi. Mengenyam pendidikan tinggi merupakan impian sebagian besar orang, dan hal itu tentu saja dapat memperkaya wawasan dan kemampuan seseorang di bidang akademis yang dapat meningkatkan daya saing dalam memperoleh pekerjaan. 

Memang, ada banyak pekerjaan yang  mensyaratkan posisi tertentu. Akan tetapi tidak kalah banyak pekerjaan atau bidang profesi yang dapat kita tekuni tanpa gelar atau pendidikan tinggi sekali pun. Bila Anda tidak/belum punya gelar atau tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi, jangan kecil hati. Tanpa pendidikan tinggi pun Anda dapat memilih beragam pekerjaan yang menjanjikan. 

Berikut ini hanya beberapa jenis pekerjaan dan profesi  tanpa memiliki gelar atau mengecap pendidikan tinggi. 

1. Sales Representatif atau Marketing

Sales? Jangan Anda sepele  mendengar kata Sales. Sebagian mereka yang memiliki pendidikan tinggi mungkin tidak memasukkan posisi ini dalam daftar pekerjaan yang mereka cari.

Sales representatif  merupakan posisi yang menjanjikan. Orang bilang, ini posisi kerja dengan income yang tidak terbatas.  Seorang teman yang hanya lulus SMA kini menjadi Branch Manager sebuah perusahaan elektronik Jepang setelah 6 tahun menjadi Sales. Ia mengatakan “Saya tidak dapat melanjutkan pendidikan setamat SMA, akhirnya saya tertarik jadi Sales. Tiga tahun kemudian saya kuliah malam. Kombinasi dari kerja keras, mau belajar dan bersyukur, kini bisa sampai posisi ini, bahkan sebelum meraih gelar S-1”

Posisi Sales Representatif hampir setiap hari kita jumpai di situs-situs lowongan kerja. Ini merupakan posisi yang turn-overnya cukup tinggi. Hampir semua perusahaan membutuhkan Sales/Marketing, karena ini merupakan tulang punggung bisnis, mulai dari perusahaan jasa, distribusi, retail, properti, konsultan, manufaktur, dsb.

Perusahaan umumnya menyediakan pendidikan atau training. Pendidikan atau training ini dapat mencakup kemampuan interpersonal dan komunikasi, pengetahuan akan produk, dan keterampilan negosiasi.  Ini merupakan contoh manfaat yang Anda dapat peroleh pada posisi ini. Menarik bukan?

2. Agen Asuransi

Hampir sama seperti profesi sales, dulu profesi ini pun dihindari orang. Namun, sekarang menjadi agen asuransi merupakan pilihan profesi atau pekerjaan yang menjanjikan. Ini juga dapat Anda jadikan pekerjaan sampingan, meskipun penghasilannya dapat melebihi pekerjaan utama.

Dapat dikatakan, bahwa setiap orang butuh asuransi dewasa ini. Asuransi tidak hanya meng-cover kerugian akan tetapi dapat sekaligus menjadi pilihan investasi masa kini.

Menjadi agen asuransi tidak hanya sebatas menjual polis asuransi. Perusahaan juga memberi training dan pelatihan berjenjang, yang membuat seseorang layak menjadi agen dan penasihat keuangan. Manfaat dari pelatihan ini tentu saja akan memperkaya wawasan dan kemampuan agen yang akhirnya dapat membantu seseorang meningkatkan jumlah nasabah dan komisi tidak terbatas.

3. Sekretaris / Asisten Eksekutif

Sekretaris atau Asisten eksekutif juga dapat diperoleh tanpa gelar sarjana. Lulusan SMK Sekretaris memiliki potensi yang baik untuk menduduki posisi ini. Jika Anda mengerti surat-menyurat atau korespondensi, dapat berkomunikasi dengan baik, dapat mengarsipkan surat, membuat time-skedul, dapat menggunakan komputer dan internet dan email.  Ini pun sudah cukup memadai.

Sekretaris atau Asisten eksekutif mungkin dapat disamakan dengan tugas-tugas Administrasi umum. Posisi ini dibutuhkan di semua bidang, karena perusahaan tidak terlepas dari kegiatan korespondensi dan keadministrasian. Bila Anda hanya lulusan SMU/SMK dan tertarik di bidang ini, namun belum memiliki keterampilan korespodensi, Anda dapat mengambil kursus untuk mempersiapkan diri.

4. Surveyor

Jika Anda menyenangi pekerjaan di luar ruangan, Surveyor merupakan salah satu pilihan kerja yang tepat selain Sales/Marketing dan Agen Asuransi di atas.

Surveyor tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi, bahkan bank dan lembaga keuangan lain, dan retail pun membutuhkan surveyor. Surveyor memiliki tugas yang beragam sesuai dengan bidang pekerjaan perusahaan yang membutuhkannya. Tugas surveyor misalnya, mengumpulkan data di lapangan, mengukur, memetakan, mencari calon pelanggan, dsb.

 

5. Teknisi

Bila Anda berbakat dalam bidang teknik dan atau memiliki pengetahuan teknik, ini pun membuat Anda memiliki peluang untuk menjadi teknisi di suatu perusahaan. Jika Anda dapat berwirausaha pasti lebih baik lagi.

Lulusan SMK Teknik memiliki potensi untuk menjadi teknisi, seperti dari jurusan teknik komputer, teknik elektro, teknik listrik atau teknik mesin. Kesemua bidang ini banyak dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Anda mungkin dapat memilih spesialisasi, misalnya teknisi AC atau peralatan rumah tangga, teknisi Handphone, teknisi instalasi listrik, teknisi komputer, montir, dan sebagainya.  Penghasilannya pun menjanjikan, sesuai dengan kinerja Anda.

6. Supir dan Kurir

Supir ataupun kurir adalah orang yang ditunjuk oleh suatu perusahaan untuk mengantar orang dan atau barang ke tempat tertentu. Baik supir maupun kurir membutuhkan keterampilan mengemudi yang baik, memiliki pengetahuan spasial/ruang, familiar dengan kota/wilayah tertentu.
Profesi ini tentu saja banyak dibutuhkan oleh jasa transportasi, logistik dan distribusi. Dan sekarang tidak hanya terbatas pada bidang tersebut di atas, perusahaan kuliner dan retail pun membutuhkan posisi ini, yakni sebagai staff delivery.

7. Pramuniaga

Pramuniaga atau istilah lain yang umum kita sebut sebagai SPG untuk wanita dan SPB bagi pria. Mereka bertugas di Stand atau Pameran untuk melayani informasi bagi calon pelanggan.  Mereka menjawab pertanyaan, memberikan informasi tentang produk. Singkatnya mereka dilengkapi dengan product knowledge yang memadai sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Anda senang berkomunikasi dengan orang lain dan pendengar yang baik cocok memilih pekerjaan ini.  Kadang-kadang Pramuniaga juga bekerja di luar ruangan, tergantung pada produk yang ditangani.

8. Pramusaji

Pramusaji merupakan salah satu posisi yang dapat Anda peroleh meskipun tidak memiliki pendidikan tinggi. Pramusaji banya dibutuhkan untuk bekerja di hotel, restoran, rumah makan, dan usaha kuliner.  Mereka ini bertanggungjawab malayani kebutuhan makanan dan minuman secara profesional bagi para pelanggan.
Untuk menjadi seorang pramusaji  dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, ramah, dan ditambah pengetahuan akan ragam makanan/minuman yang tersedia serta teknik penyajian yang ditetapkan oleh perusahaan.

9. Instruktur Fitness/Gym

Instruktur fitness/gym berhubungan dengan klub kebugaran atau fitness center. Tugasnya memberi panduan cara menggunakan peralatan fitness/gym dengan baik, memberi saran tentang cara latihan  yang baik dan jenis latihan yang cocok bagi peserta, bahkan sampai diet yang baik.

Untuk menjadi instruktur Fitness/Gym, seseorang perlu pengetahuan dan pengalaman dalam dunia fitness, dan biasanya menjadi model bagi peserta klub. Mereka ini juga perlu memiliki keterampilan sosial yang baik, seperti komunikasi.

10. Pemandu Wisata

Anda seorang penyuka traveling? Tidak betah berdiam lama-lama di suatu tempat dan ingin selalu melihat hal baru, dan antusias dengan pariwisata? Ini mungkin pekerjaan yang cocok bagi Anda.

Pemandu wisata perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Mampu berkomunikasi dalam beberapa bahasa merupakan hal yang menguntungkan, seperti bahasa Inggris, atau bahasa-bahasa daerah. Menjadi pemandu wisata dapat dilakukan secara pribadi maupun bekerja di suatu perusahaan travel.

11. Periklanan Online atau Offline

Periklanan online mencakup ragam pekerjaan yang memerlukan kemampuan  untuk menangani disain iklan, pemasangan iklan,  dan mencari calon pengiklan.

Seseorang tidak harus memiliki gelar sarjana atau diploma untuk menduduki posisi ini. Mereka yang  memenuhi kualifikasi dan sejumlah pengalaman dapat bekerja sebagai staff periklanan online maupun offline.

12. Web Developer

Web developer  adalah orang yang membuat website. Banyak web developer mengenyam pendidikan tinggi atau meraih gelar di bidang ini. Namun, banyak juga yang belajar programming secara otodidak dengan menggunakan buku-buku dan media pembelajaran.

Perkembangan internet sekaligus memberi kesempatan untuk menangkap peluang pasar maupun belajar. Ke depan akan semakin banyak permintaan akan web design, mulai dari bisnis perorangan, UKM dan perusahaan besar.

13. Penulis

Menjadi penulis merupakan profesi yang tidak pandang usia dan tingkatan pendidikan.  Menulis dapat bermula dari hobi dan akhirnya menjadi profesi utama. Cukup banyak orang menggunakan media online sebagai wadah untuk memuat tulisan mereka.

Ada begitu banyak pekerjaan yang dapat Anda peroleh meskipun tidak mengenyam pendidikan di perguruan tinggi atau universitas.  Beberapa hal yang penting dalam mengembangkan profesi dan keahlian adalah dengan terus belajar, mempelajari hal-hal baru yang mendukung pekerjaan, meningkatkan keterampilan interpersonal dan organisasi.

itulah postingan jenis pekerjaan di infloker, smoga bermampaat ya sob dan jangan lupa komentar nya bila sobat mengerti.

» Thanks for reading: Pekerjaan dan Profesi Tanpa Gelar Sarjana