Contoh dan cara infloker Mengirim surat lamaran kerja via email

11:23




Contoh dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Mengirimkan surat lamaran lewat email sudah menjadi cara yang umum digunakan dewasa ini. Selain hemat karena tidak perlu membayar biaya perangko atau jasa titipan surat, menyampaikan surat lamaran lewat email infloker juga praktis.

Bagaimana caranya?

Pertama bisa sobat infloker Persiapkan surat lamaran dan kelengkapan berkas lamaran Anda, seperti Daftar riwayat hidup (Curriculum vitae), Pasphoto, Kartu identitas, photocopy Ijazah dan Daftar/Transkrip Nilai, Surat Referensi/Pengalaman Kerja, dan kelengkapan lain jika perlu.

Persiapkan akun email. Jika Anda belum punya, silahkan peroleh dari penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (gmail), Yahoo Mail (yahoo, rocketmail, ymail) dsb.

Buat softcopy berkas lamaran Anda. Untuk surat lamaran kerja dan CV, anda sudah otomatis punya softcopy bila Anda mengetiknya memakai komputer. Sedangkan untuk memperoleh softcopy kelengkapan berkas lamaran lainnya, Anda dapat menscan berkas-berkas tersebut sehingga Anda memperoleh softcopy dalam salah satu bentuk file image seperti .jpg, pdf, png, tiff, dsb.


Pahami persyaratan dan ketentuan dengan jelas

Tidak jarang terjadi, mereka yang baru pertama kali menggunakan email mengirimkan surat lamaran merasa gusar karena satu atau beberapa kesulitan, misalnya: Anda butuh waktu yang lama untuk melampirkan softcopy berkas lamaran Anda, apalagi dipersulit lagi  dengan koneksi internet yang lambat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami isi lowongan kerja dengan jelas. Bacalah kembali, berkas apa saja yang mereka minta untuk Anda lengkapi. 

Mengingat proses melamar kerja lewat email sedikit ribet pada saat pertama kalinya karena Anda mungkin harus mempersiapkan segala kelengkapan berkas, maka kebanyakan perusahaan meminta Anda mengirimkan Surat lamaran dan Curriculum Vitae ditambah pasphoto diri atau menentukan batasan ukuran file maksimal dari sejumlah berkas yang mereka minta, misalnya tidak lebih dari 1 Mb. Tujuannya, agar mereka tidak menghabiskan banyak waktu mengunduh file berkas setiap lamaran yang masuk.

Namun, ada juga perusahaan yang tidak melakukan demikian. Jika ini Anda temui, maka Anda boleh mengirim berkas apa saja yang cukup mendukung surat lamaran Anda, tanpa perlu memboroskan waktu dan biaya.

Buatlah file Anda dalam ukuran yang optimal
Bila Anda menscan kelengkapan berkas lamaran seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Referensi Kerja, dsb., maka perlu Anda perhatikan besar file setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Satu lembar dokumen ukuran A4 dapat menghasilkan ukuran file yang bervariasi, misalnya 200 Kb sampai 2 Mb. Nah, Anda harus memperhitungkan total kilobyte yang dari keseluruhan dokumen tersebut.

Jika Anda tidak paham bagaimana cara membuatnya optimal, mintalah seseorang yang paham melakukannya. Ukuran file ini dapat diminimalkan dengan Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager. Namun tetap perhatikan bahwa file yang Anda minimalkan tersebut haruslah dapat dibaca dengan jelas, karena meminimalkan file dapat mengurangi kualitas hasil scan-an.

Jika hal di atas telah selesai, saatnya mengirimkan file.
Caranya: Masuk ke akun email Anda.
Berikut ini kami sertakan 2 contoh jika Anda menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo.

Itulah contoh"cara mengirim surat lamaran via email postingan infloker, smoga bermampaat ya sob dan jangan lupa komentar jika sobat mengerti ataupun tidak mengerti. 

» Thanks for reading: Contoh dan cara infloker Mengirim surat lamaran kerja via email